Minggu, 22 Juli 2007

Tentang Jurusan Teater

Jurusan Teater STSi Padangpanjang berdiri pada tahun akademik 1997/1998 berdasarkan pembacaan terhadap kebutuhan kekinian dan sekaligus prediksi ke depan tentang situasi perkembangan Seni Teater, dunia hiburan dan perkembangan teknologi informasi, terutama yang berkaitan dengan pemeranan (akting), baik untuk kebutuhan panggung, film maupun televisi.
Hingga saat ini, jurusan yang sekaligus menjadi program studi Seni Teater tersebut telah memberikan kontribusi terhadap perkembangan Seni Teater dan memberi pengaruh pula bagi perkembangan bidang-bidang seni lainnya, seperti film, televisi, dan kesenian lainnya dalam rumpun seni budaya Melayu. Alumnus strata 1 seni (Teater) yang dilahirkannya telah bekerja sebagai tenaga pengajar di perguruan tinggi seni, guru kesenian, instansi pemerintah yang terkait dan menjadi profesional di bidang seni yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.
Jurusan/Program Studi Seni Teater ini dilaksanakan berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi yang menciptakan lulusan-lulusan berkualitas, baik dalam bidang keilmuan (teoritis) maupun pengkaryaan (praktis). Hal ini didukung oleh sistem orientasi pendidikan dengan dua jalur pilihan yaitu pengkajian dan penciptaan.
Minat utama dari dua jalur tersebut terdiri atas lima yaitu Pemeranan, Penyutradaraan, Penataan Artistik, Dramaturgi, dan Penulisan Naskah.

Tidak ada komentar: